Juara FA CUP, Arsenal Ukir Rekor Baru


Juara FA CUP, Arsenal Ukir Rekor Baru

 

Arsenal memastikan diri menjadi juara Piala FA setelah di final mengalahkan Aston Villa 4-0 di Stadion Wembley, Ahad (31/5) dini hari WIB. Kemenangan ini juga membawa The Gunners menorehkan rekor penting bagi kompetisi tertua di dunia ini.

Mengutip laporan Reuters, kemenangan 4-0 ini menjadi selisih gol kemenangan terbesar  yang terjadi di final Piala FA. Selain itu, pelatih Arsene Wenger juga mencatatkan namanya sebagai pelatih paling sukses di Piala FA pada era modern dengan membawa timnya meraih enam kali menang dalam 19 kali penampilan di final Piala FA.

Kemenangan pasukan Meriam London ini dipastikan melalui gol yang disumbang oleh Theo Walcott, Alexis Sanchez, Per Mertesacker dan Olivier Giroud.

Pesta kemenangan itu dibuka setelah laga berjalan 40 menit. Adalah The Walcott yang berhasil menyarangkan serangannya ke gawang lawan setelah dengan sempurna menuntaskan umpan yang diberikan oleh Alexis Sanchez. Keunggulan itu bertahan hingga penghujung babak pertama.

Selanjutnya baru berjalan empat menit pertandingan babak kedua, giliran Sanchez yang sukses menggandakan keunggulan Arsena. Ia melepaskan tembakan jarak jauhnya yang tak sanggup dihentikan oleh kiper Aston Villa, Given.

Tertinggal 2-0, memaksa Villa melakukan pergantian pemain. Gaby masuk menggantikan N’zogbia di lini tengah. Pada menit ke-55, Walcott kembali bermaksud melancarkan serangannya. Sayangnya aksinya itu keburu dihentikan wasit, karena posisinya lebih dulu offside.

Babak kedua ini seperti menjadi milik Arsenal. Pada menit ke-62, dengan Assist Santi Cazorla, Per Mertesacker menjebloskan tandukannya ke arah gawang Aston Villa. Mertesacker pun merubah angka di papan skor menjadi 3-0.

Mendekati akhir pertandingan, dengan belum berhasilnya Aston Villa memperoleh skor, Arsenal dapat dipastikan menjadi juara Piala FA musim ini. Tambahan waktu tiga menit di babak kedua pun tak mampu mengubah keunggulan Arsenal atas Villa.

Oliver Giroud bahkan menambah satu skor lagi bagi timnya pada menit tambahan waktu dan membuat Arsenal menjadi juara FA dengan rekor keduabelas kalinya dengan skor 4-0. Manajer Arsene Wenger dengan ini menjadi pelatih tersukses di ajang ini karena membungkus trofi Piala FA sebanyak enam kali bersama the Gunners.

Susunan Pemain :

Arsenal (4-2-3-1): Wojciech Szczesny, Hector Bellerin, Per Mertesacker, Laurent Koscielny, Nacho Monreal, Francois Coquelin, Santi Cazorla; Aaron Ramsey, Mesut Oezil, Alexis Sanchez (90 Chamberlain); Theo Walcott.

Aston Villa (4-3-3): Shay Given; Alan Hutton, Ron Vlaar, Jores Okore, Kieran Richardson (6 Bacuna); Ashley Westwood (71 Sánchez), Fabian Delph, Tom Cleverley; Jack Grealish, Charles N’Zogbia (53 Agbonlahor) , Christian Benteke.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *